Cara Menghubungkan Dua Layar atau Lebih ke Mac dengan Chip M1

Jajaran MacBook terbaru Apple yang menggunakan prosesor Silicon M1 baru perusahaan tidak dapat menghubungkan lebih dari satu monitor eksternal, yang merupakan batasan utama dibandingkan dengan notebook Mac generasi sebelumnya yang secara tradisional didasarkan pada chipset Intel.

Bahkan, ini bahkan mendukung penggunaan dua layar eksternal saat terhubung melalui port USB-C atau hub tipe Thunderbolt 3. Sebelum panik jika Anda sudah memilikinya, Anda harus tahu bahwa ada cara untuk mengatasinya.

Faktanya, kami telah menemukan solusi untuk dapat menghubungkan hingga dua layar eksternal ke MacBook dengan M1, yang akan kami jelaskan di bawah ini. Ada beberapa risiko tersembunyi, karena Anda harus menginstal driver pihak ketiga, dan driver tersebut mungkin tidak kompatibel dengan pembaruan macOS di masa mendatang.

Selain itu, Anda mungkin harus membeli adaptor tambahan, dibandingkan fakta bahwa dengan Mac generasi Intel, cukup menggunakan dok plus kabel layar untuk setiap layar eksternal yang ingin Anda sambungkan.

Solusi perangkat keras melibatkan penggunaan adaptor HDMI ganda dengan beberapa pengaturan tambahan yang harus Anda buat di ‘System Preferences’.

Sebelum melanjutkan, perhatikan bahwa batasan ini sama sekali tidak memengaruhi MacBook Pro 14 inci dan 16 inci terbaru, yang didasarkan pada chipset M1 Pro dan M1 Max. Laptop dengan M1 Pro ini mendukung hingga dua layar eksternal secara native hingga resolusi 6K pada 60Hz.

Untuk MacBook Pro 14 inci dan 16 inci dengan M1 Max, opsi diperluas ke tiga layar tambahan dengan kualitas 6K, atau layar eksternal dengan resolusi hingga 4K pada 60 Hz. Dengan cara ini, jika Anda tidak memiliki salah satunya, mulailah menabung dan baca terus untuk tim Anda saat ini.

Tampilan eksternal: Masalah besar dengan Mac dengan M1

Apple Mac mini 13 inci, MacBook Air, dan MacBook Pro Apple adalah Mac pertama yang dikirimkan dengan chip Apple Silicon M1. Seperti yang Anda tahu, mereka telah menerima pujian yang tinggi untuk kinerja mereka, sesuatu yang Anda dapat membaca di perbandingan dari kedua platform.

Tetapi jika konfigurasi MacBook Anda mengharuskan untuk menggunakan lebih dari satu layar eksternal tambahan, Anda akan menemukan masalah besar, karena chip awal ini, Apple M1, tidak memikirkannya, setidaknya secara asli.

Sementara MacBook M1 secara native mendukung satu monitor, Mac mini dengan M1 secara native mendukung hingga dua monitor eksternal: satu melalui port HDMI dan yang kedua melalui USB-C. Namun belakangan MacBook Air dan MacBook Pro M1 hanya mendukung satu layar eksternal.

Apple berjanji pada saat itu bahwa itu akan memperbaiki masalah di pembaruan macOS di masa mendatang, tetapi kedatangan MacBook Pro M1 Pro dan M1 Max berikutnya menunjukkan bahwa pemilik M1 harus menunggu lebih lama.

Solusi #1: Instal driver DisplayLink

Pembuat stasiun dok, Plugable, menyarankan penggunaan kombinasi teknologi tampilan untuk mengatasi batasan monitor tunggal dengan M1 MacBook.

Dock output multi-displaynya menggunakan kombinasi dari USB-C Alternate Mode (output video “Alternate Mode”) asli dan teknologi DisplayLink. Kombinasi ini berfungsi sebagai solusi untuk platform M1 yang mendukung tampilan eksternal melalui USB-C.

Harap dicatat bahwa DisplayLink memerlukan penginstalan driver pihak ketiga di Mac. Ada versi berbeda dari driver DisplayLink dan beberapa membawa kompromi mereka sendiri. Juga, solusi ini masih memerlukan penggunaan adaptor perangkat keras tambahan.

Kami akan memandu Anda melalui cara menghubungkan beberapa layar ke Mac M1 baru Anda.

  1. Unduh driver DisplayLink terbaru untuk Mac

Aplikasi Manajer Tautan Tampilan Konektivitas Grafis v. 1.1.0 kompatibel dengan macOS Catalina 10.15 dan macOS 11 Big Sur. Itu dapat dikelola melalui ikon DisplayLink di bilah menu Apple.

Instalasi mudah, tetapi perlu diketahui bahwa versi ini tidak mendukung mode layar tertutup / clamshell pada laptop. Keterbatasan lain termasuk ketidakcocokan dengan rotasi layar.

Ada opsi di pengelola DisplayLink untuk “meluncurkan saat pengaktifan”, atau Anda juga dapat menyeret pengelola DisplayLink ke item masuk Pengguna & Grup agar langsung berfungsi.

Perhatikan bahwa MacBook M1 dapat berjalan dalam mode Clamshell (yaitu dengan penutup tertutup) dengan monitor yang terhubung dengan Displaylink, tetapi MacBook berbasis Intel tidak dapat dan layar akan mati saat penutup laptop ditutup jika menggunakan DisplayLink.

Ini tidak terlalu menjadi masalah, karena MacBook berbasis Intel dapat menjalankan dua layar tanpa DisplayLink, meskipun mereka memerlukan DisplayLink untuk menambahkan monitor ketiga atau layar berturut-turut.

display adapter

  1. Hubungkan MacBook ke pangkalan atau stasiun dok

Beberapa contoh pangkalan dapat menjadi stasiun pangkalan Tampilan USB-C yang Dapat Dicolokkan 4K untuk tiga layar, atau Kal Digit TS3 Plusyang juga dijual di Toko apel. Anda mungkin tertarik dengan artikel kami tentang hub usb c terbaik untuk mac.

  1. sambungkan layar

Anda dapat menghubungkan layar pertama menggunakan DisplayPort atau port HDMI di pangkalan, dan ini akan ditangani secara asli oleh MacBook dengan M1 (Apple Silicon). Anda juga dapat menyambungkan layar pertama dengan Thunderbolt 3 atau USB-C ke HDMI atau adaptor DisplayPort.

Output HDMI atau DisplayPort menggunakan Mode Alternatif (Mode Alternatif), dan karena pada dasarnya merupakan saluran langsung ke GPU asli sistem, ini akan berperilaku seperti jika Anda mencolokkan adaptor USB-C ke HDMI ke laptop Anda. Tidak memerlukan sopir.

  1. MacBook M1 tidak dapat menggerakkan tampilan tambahan secara native

Untuk menyambungkan layar kedua atau ketiga melalui satu atau beberapa port USB-C di dok Anda atau stasiun dokAnda harus menggunakan adaptor seperti StarTech.com USB32HDDVII yang akan Anda temukan di Amazon dengan harga yang direkomendasikan €110.

Adaptor USB ke DisplayPort

Ada merek lain yang berbeda. Persyaratan yang harus dipenuhi adalah mendukung DisplayLink untuk mengubah port USB-A 3.0 menjadi port DVI-I atau VGA (termasuk adaptor DVI ke VGA) dan output HDMI. Setiap layar akan dapat mendukung resolusi 2048 x 1152 piksel pada 60 Hz.

Pastikan untuk menggunakan adaptor DisplayLink HDMI aktif yang mendukung [email protected] karena beberapa hanya terbatas pada [email protected]

DisplayLink menggunakan driver yang diinstal serta CPU dan GPU sistem untuk mengonversi data grafik sistem ke paket data USB. Data USB tersebut kemudian dikirim melalui kabel USB sebagai paket data dan diubah kembali menjadi informasi video.

Dengan cara ini, mereka kemudian dikirim ke monitor melalui chip DisplayLink yang dimiliki oleh stasiun pangkalan atau stasiun dok untuk interpretasi oleh masing-masing monitor yang terhubung.

MacBook Air M1 dengan dua monitor eksternal

Solusi #2: Gunakan adaptor HDMI Ganda khusus

Pembuat aksesori Hyper menjual dua solusi perangkat keras yang memungkinkan Anda menambahkan lebih dari satu tampilan ke Mac M1.

Hyperdrive Dual 4K HDMI Adapter untuk MacBook M1 dan Hyperdrive Dual 4K HDMI 10-in-1 USB-C Hub dapat diperluas ke dua layar HDMI: satu pada 4K 60Hz melalui HDMI dan DP Alt-mode, dan yang lainnya pada 4K 30Hz melalui HDMI dan teknologi InstantView dari Silicon Motion.

Hyper mengatakan ini berfungsi “tanpa harus mengunduh driver yang rumit”, tetapi ada beberapa instalasi perangkat lunak yang terlibat, dan Anda harus mengizinkan InstantView untuk mengakses pengaturan privasi Anda di ‘System Preferences’.

Colokkan hub atau adaptor ke MacBook M1 Anda dan temukan aplikasi HyperDisplay yang tercantum di bilah samping folder Finder. Klik dua kali ikon macOS InstantView dan ikuti instruksi ‘System Preferences’.

Setelah penginstalan selesai, MacBook Anda akan secara otomatis mengenali adaptor sejak saat itu.

adaptor Hyper Dual 4K HDMI 3-in-1 USB-C Ini memiliki dua port HDMI dan terhubung ke Mac M1 Anda melalui kabel USB-C bawaan. Port USB-C PD tambahan memungkinkan Anda mengisi daya laptop pada 100W, yang sangat berguna.

Solusi yang lebih lengkap adalah konsentrator USB-C 10 in 1 Ganda 4K HDMI yang memiliki 10 port, termasuk dua port HDMI dan port PC 100W yang terlihat pada adaptor yang lebih murah, ditambah Gigabit Ethernet, audio 3,5mm.

Anda juga akan menemukan tambahan Combo Jack, SD dan MicroSD UHS-I card reader dan dua port USB-A (5Gbps). Ini juga terhubung ke laptop melalui kabel USB-C terintegrasi. Dari keduanya, hub multiport ini adalah nilai yang lebih baik.

Solusi #3: DisplayLink efektif tetapi tidak didukung

Anda harus ingat bahwa tidak juga Dapat dipasang juga tidak caldigit Mereka secara resmi mendukung pengaturan DisplayLink untuk Mac. Perbaikan berfungsi, tetapi mereka memperingatkan bahwa ini mungkin tidak berfungsi di versi macOS mendatang.

Setiap kali ada pembaruan OS baru, driver mungkin perlu diperbarui.

Plugable tidak merekomendasikan solusi untuk game, pengeditan video, stasiun kerja audio digital (DAW), dan pemutaran konten yang dilindungi (HDCP). Untuk beban kerja ini, pengguna akan menginginkan kinerja penuh dari koneksi GPU asli.

Caldigit secara aktif merekomendasikan untuk tidak menggunakan DisplayLink karena dianggap tidak dapat diandalkan dan tidak akan ada sinergi antara pengontrol dan pangkalan. Karena memerlukan driver pihak ketiga, pengguna bergantung pada Apple dan pengembang pihak ketiga untuk versi yang lebih baru.

Tambahkan tampilan ke Mac M1

Namun, kombinasi teknologi tampilan ini saat ini adalah satu-satunya yang memungkinkan MacBook dengan M1 mendukung lebih dari satu monitor eksternal dan Mac mini dengan M1 untuk mendukung penyambungan lebih dari dua layar.

Satu-satunya risiko adalah bahwa itu bisa berhenti bekerja kapan saja, meskipun itu tidak akan membahayakan sistem Anda. Oleh karena itu, ini adalah solusi dengan jangka waktu yang berpotensi terbatas.

Pada saat itu, mudah-mudahan Apple telah mencapai puncaknya untuk memungkinkan kami mendukung lebih banyak tampilan eksternal dengan cara yang asli dan alami menggunakan M1 Mac baru.

Simak artikelnya di cara menghubungkan monitor kedua ke mac atau macbook Anda jika itu milik generasi chip Intel Core.