Cara mengoptimalkan penyimpanan di macOS

Laptop Apple bergantung pada penyimpanan kilatan, dan harga meroket jika Anda menginginkan lebih banyak penyimpanan lokal (penyimpanan nyata komputer Anda), jika model yang Anda inginkan memungkinkannya. Fitur Penyimpanan yang Dioptimalkan macOS dirancang untuk membantu mengosongkan ruang penyimpanan berharga di Mac Anda.

Untuk menggunakan salah satu fitur ‘Penyimpanan yang Dioptimalkan’ (opsi 1 dibahas di bawah), Anda memerlukan iCloud, layanan online Apple. Apple menawarkan 5 GB penyimpanan iCloud Drive gratis per ID Apple, tetapi Anda mungkin ingin memiliki lebih banyak untuk memanfaatkan fitur ‘Penyimpanan yang Dioptimalkan’ sepenuhnya.

Ini adalah harga iCloud: 5 GB gratis; 50 GB seharga €0,99 per bulan; 200 GB seharga €2,99 per bulan; 2TB seharga €9,99 per bulan. Anda dapat mengikuti petunjuk Apple tentang cara mendapatkan lebih banyak penyimpanan iCloud.

Untuk mengakses opsi ‘Penyimpanan yang Dioptimalkan’ di macOS, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka menu Apple dan pilih ‘Tentang Mac Ini’.

dua. Di jendela yang muncul, klik tab ‘Penyimpanan’ lalu klik ‘Kelola’.

Cara mengelola penyimpanan Mac

Bagan batang ini telah sedikit berubah dari yang ada di OS X El Capitan, yang menampilkan legenda di bawah bilah untuk menunjukkan apa yang terkait dengan setiap warna. Sekarang, legenda warna ini hilang, tetapi jika Anda memindahkan kursor ke bagian berwarna, Anda dapat melihat apa yang diwakili setiap bagian.

Kemudian, kami menampilkan antarmuka utama ‘Penyimpanan yang Dioptimalkan’, tetapi pertama-tama mari kita tinjau opsi di jendela ‘Rekomendasi’ yang muncul di bagian utama. Sekarang lihat opsi di kolom kiri.

Cara mengelola penyimpanan Mac

Opsi 1: Simpan ke iCloud

Opsi ini mencakup file terbaru Anda dan foto yang dioptimalkan di penyimpanan lokal. Tetapi mengapa Anda harus meningkatkan ke paket iCloud berbayar? iCloud Drive Anda digunakan sebagai penyimpanan jangka panjang untuk file asli serta foto dan video resolusi penuh, yang dapat Anda unduh ke Mac kapan pun Anda membutuhkannya.

Anda dapat menyesuaikan opsi ini sedikit. Mengklik tombol ‘Simpan ke iCloud’ memberi Anda pilihan untuk menyimpan file di folder Desktop dan Dokumen ke iCloud. Anda juga dapat mengaktifkan/menonaktifkan kemampuan untuk menyimpan foto dan video di Stream Foto iCloud.

Cara mengelola penyimpanan Mac

Jika Anda ingin mengubah opsi penyimpanan iCloud setelah menyalakannya, Anda harus membuka ‘System Preferences’ iCloud untuk folder Desktop dan Dokumen, serta preferensi aplikasi Foto untuk iCloud Photo Stream.

Opsi 2: Optimalkan penyimpanan

File video memakan banyak ruang. Jika Anda suka menonton acara TV dan film dari iTunes, Anda mungkin tidak menyadari bahwa video yang telah Anda tonton menghabiskan ruang di Mac Anda.Fitur ‘Penyimpanan yang Dioptimalkan’ secara otomatis menghapus file-file ini untuk Anda. Anda dapat mengunduh ulang dari iTunes kapan pun Anda mau.

Cara mengelola penyimpanan Mac

Jika Anda mengaktifkan ini dan kemudian memutuskan ingin mematikannya, Anda dapat melakukannya di aplikasi TV dengan membuka ‘TV’ > ‘Preferensi’ > ‘File’.

Cara mengelola penyimpanan Mac

Opsi 3: Kosongkan Sampah Secara Otomatis

Hal yang menyenangkan tentang opsi ini adalah pada dasarnya seperti folder ‘Baru Dihapus’ di aplikasi Foto iOS. File tetap berada di Sampah selama 30 hari; setelah 30 hari, file akan dihapus.

Cara mengelola penyimpanan Mac

Jika Anda memutuskan untuk menonaktifkan fitur ini, Anda akan melihat bahwa tidak ada cara untuk melakukannya di menu ini. Anda harus melakukannya di preferensi Finder. Jadi, di Finder, pilih ‘Finder’ > ‘Preferences’, lalu klik ‘Advanced’. Hapus centang pada kotak “Hapus item dari Sampah setelah 30 hari”.

Cara mengelola penyimpanan Mac

Opsi 4: Kurangi kekacauan

Anda dapat menggunakan menu ini untuk menelusuri file Anda dan mencari tahu mana yang perlu Anda hapus atau pindahkan ke media penyimpanan lain. Ini lebih efisien daripada membuka banyak jendela Finder dan melihat file seperti itu. Perhatikan juga bahwa mengklik tombol ‘Tinjau File’ sama dengan memilih ‘Dokumen’ di kolom kiri.

Cara mengelola penyimpanan Mac

Ada beberapa cara untuk melihat file di Mac Anda:

  • ‘file besar’ daftar file di Mac Anda dari yang terbesar hingga terkecil.
  • ‘Unduhan’ menunjukkan apa yang ada di folder Unduhan Anda.
  • ‘Aplikasi’ tidak didukung menunjukkan perangkat lunak yang mungkin tidak berfungsi di Mac Anda.
  • ‘wadah’ sesuai dengan wadah yang digunakan oleh beberapa aplikasi untuk bertukar data. Mereka biasanya membersihkan secara otomatis, tetapi Anda dapat menggunakan ini untuk membersihkan wadah sendiri.
  • ‘peramban berkas’ memungkinkan Anda untuk menelusuri penyimpanan perangkat Anda. Ini seperti melihat jendela Finder dalam tampilan daftar.

Untuk menghapus file di salah satu tampilan ini, pilih file dan klik tombol ‘Hapus’ atau ‘Pindahkan ke Sampah’.

Apa yang muncul di kolom kiri jendela?

Item yang muncul di kolom kiri mungkin berbeda. Apa yang muncul bergantung pada cara Anda menggunakan Mac. Misalnya, jika Anda menggunakan Mail, Anda akan melihat bagian untuk Mail. Jika Anda menggunakan GarageBand, akan ada bagian untuk GarageBand.

Cara mengelola penyimpanan Mac

Opsi ‘Aplikasi’ di kolom kiri memberikan informasi tentang beberapa aplikasi di komputer Anda dan mencantumkannya menurut ukuran. Saat Anda memilih aplikasi, ikon ‘Hapus’ dan ‘Tampilkan di Pencari’ akan muncul.

Apple mengonfirmasi kepada saya bahwa mereka telah berupaya mendorong pengembang untuk mengikuti prosedur standarnya untuk pemasangan aplikasi yang benar, jadi jika pengembang telah melakukan ini, Anda harus dapat menghapus instalan aplikasi apa pun yang dibeli di luar App Store bersama dengan semua komponennya melalui antarmuka ini.

Halaman ini tidak menampilkan semua app di Mac Anda. Anda tidak akan menemukan app Apple apa pun, meskipun app dari App Store melakukannya. Halaman ini terutama untuk aplikasi yang telah Anda instal sendiri dengan mengunduh dari Internet atau media eksternal.

Artikel asli diterbitkan di Macworld AS.