Port Mac mana yang paling baik digunakan untuk penyimpanan eksternal?

Saat menghubungkan drive eksternal, flash drive, atau perangkat NAS ke komputer Mac Anda, ada kemungkinan tak terbatas yang sangat bergantung pada model komputer iMac atau MacBook yang Anda miliki.

Tidaklah sama memiliki di tangan Anda salah satu yang baru MacBook Pro 14 atau 16 inci dengan chip M1 Max dan M1 Pro, yang mencakup lebih banyak port (hingga 3 Thunderbolt 4), daripada MacBook sebelumnya yang jauh lebih terbatas dalam koneksi.

Juga port pengisian daya MagSafe sekarang kembali dengan generasi MagSafe 3, yang sekarang menampilkan desain yang diperbarui dan kemungkinan mengisi daya juga melalui USB C. Tapi mari kita lihat konektor mana yang lebih nyaman.

Port atau koneksi Mac mana yang terbaik untuk digunakan?

Apple mengganti FireWire dengan Thunderbolt di Mac pada tahun 2011, dan meningkatkan koneksi USB ke USB 3.0 mulai tahun 2021. Thunderbolt berada di generasi keempat sekarang, sementara USB telah melalui 3.1 dan 3.2 dan dalam perjalanan ke 4.0 saat ini .

USB 3.0 menawarkan kecepatan data 5 gigabit per detik (Gbps), sementara 3.1 menambahkan peningkatan kecepatan hingga 10 Gbps. Versi 3.2 mencapai 20 Gbps dan 4.0 menggabungkan standar transfer data Thunderbolt 3/4, yang memungkinkan hingga 40 Gbps.

Advanced Thunderbolt dengan versi 1 menawarkan 10 Gbps, versi 2 menghadirkan 20 Gbps, dan versi 3 hingga 40 Gbps. (Thunderbolt 4 menawarkan ekstensi tambahan, beberapa di antaranya hanya menyediakan fitur wajib di Thunderbolt 3, seperti dukungan untuk hub, sambil mempertahankan kecepatan data maksimum yang sama.)

Yang mengatakan, ada tiga faktor yang dapat menentukan jenis drive dan kabel yang harus Anda beli.

  • Port apa yang muncul di Mac Anda?
  • Apakah Anda memerlukan kinerja hard disk drive (HDD) atau SSD?
  • Dalam hal menggunakan SSD, apakah Anda memerlukan kinerja setinggi mungkin?
  • Seberapa jauh Anda dapat meletakkan drive dari Mac Anda?

Pasangkan port berdasarkan kinerja

Itu selalu sangat berguna untuk menggunakan utilitas pelacak bebas menebak model Mac yang mungkin Anda miliki, dengan fokus pada tab ‘koneksi’. Tanpa ragu, ini adalah permata sejati dalam ekosistem macOS).

Harap perhatikan kecepatan yang tercantum untuk berbagai port. Misalnya, model Mac mini akhir 2014 memiliki empat port USB yang mendukung 5 Gbps; Mac mini M1 2020 memiliki dua port Tipe-A yang juga mendukung 5 Gbps (3.1 Gen 1), tetapi port USB-C menangani USB 3.1 Gen (10 Gbps) dan USB 4 plus Thunderbolt 3 dan 4 (20 Gbps).

Ini harus diperhitungkan untuk kinerja unit. Hard drive 5400 putaran per menit (rpm) mungkin baik untuk mesin waktu atau tujuan berkapasitas tinggi lainnya di mana kecepatan transfer bukan masalah utama.

Drive ini dapat berjalan pada kecepatan sekitar 100 megabyte per detik (MBps) untuk membaca dan menulis. Drive 7200-rpm “cepat” dapat meningkatkan kecepatan baca hingga 200 MBps, dan kecepatan tulis hingga 150 MBps.

Komputer Mac dan koneksi USB C

Ini berarti bahwa drive 200MBps tercepat hanya dapat bekerja dengan kecepatan kurang dari 2Gbps, dan port USB 3 apa pun sudah cukup. Anda dapat menggunakan port paling lambat di Mac atau hub USB 3 yang terhubung dengannya, dan mencapai kecepatan maksimum.

Dengan cara ini, itu mungkin beli SSD cukup terjangkau yang memiliki antarmuka SATA internal dan menawarkan tidak lebih dari 600 MBps, yang berada di bawah kecepatan benchmark 5 Gbps dari port USB 3 mana pun.

Drive dengan USB 3.1 Gen 2 (10 Gbps) mungkin menawarkan hasil yang sedikit lebih baik saat dipasangkan dengan port yang menawarkan kecepatan tersebut.

Untuk kinerja yang lebih baik, seperti volume disk boot sistem atau untuk pengeditan video, menggunakan SSD berbasis NVMe atau PCIe dapat mengaktifkan kecepatan 1000 hingga 3000 MBps atau 8 hingga 24 Gbps.

Drive dan array yang lebih baru akan dapat berjalan lebih cepat. USB 4 pada 20 Gbps atau Thunderbolt pada 20 atau 40 Gbps adalah satu-satunya opsi yang masuk akal untuk menghindari kemacetan yang dapat terjadi pada drive, mencegah Anda memanfaatkan kapasitas maksimum.

Jenis kabel apa yang paling cocok?

Meskipun bagian koneksi ternyata sangat penting, tidak kalah menariknya adalah jenis kabel yang akan Anda gunakankarena dapat membatasi kecepatan yang dapat didukung oleh port komputer Anda atau perangkat eksternal yang terhubung.

Anda perlu menggunakan jenis kabel yang tepat untuk mencapai kecepatan maksimum. Untuk kecepatan yang lebih rendah, Anda juga dapat memilih untuk membeli kabel yang lebih murah yang hanya memberikan kecepatan data yang diperlukan untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan.

Meskipun pilihannya bisa rumit untuk USB dan Thunderbolt saat Anda menggunakan kabel untuk data dan mengisi daya laptop, dengan SSD bertenaga adaptor, Anda tidak perlu khawatir jika kabel mungkin melebihi tingkat daya maksimum, biasanya 15 watt. . .

Berikut adalah rincian lebih lanjut:

  • Untuk kecepatan 5 Gbps melalui USB 3, kabel SuperSpeed ​​​​(dengan sendirinya) atau SuperSpeed/SS USB 5 Gbps akan berfungsi, dua generasi merek grup dagang USB untuk kabel 5 Gbps.

Anda dapat menemukan kabel 5 Gbps yang memiliki tipe A di salah satu ujungnya untuk dihubungkan ke komputer; di sisi lain, 3.0 Tipe B (seperti persegi 2.0 dengan tonjolan di bagian bawah) atau 3.0 Micro B, versi 2.0 Micro B yang lebih luas yang disimpan di beberapa headphone atau e-reader.

  • Untuk kecepatan 10 Gbps over USB, cari kabel yang berlogo SuperSpeed+ atau SuperSpeed/SS USB 10 Gbps. Kabel ini dapat memiliki konektor Tipe A atau USB C di sisi komputer, dan konektor Tipe B 3.0, Mikro B 1.0, atau USB C di ujung drive.
  • Untuk 20 Gbps over USB, kabel yang perlu Anda gunakan harus berlabel SuperSpeed ​​/ SS USB 20 Gbps. Kabel ini harus memiliki konektor USB C di kedua ujungnya.
  • Untuk 20 Gbps melalui Thunderbolt 3 atau 4, Anda dapat menggunakan kabel pasif berlabel Thunderbolt 3 atau 4 dengan panjang maksimum 2 meter.
  • Untuk 40 Gbps melalui Thunderbolt 3 atau 4, Anda dapat menggunakan kabel Thunderbolt 3 atau 4 setengah meter pasif, atau kabel aktif hingga panjang 2 meter.

Harga mungkin berbeda secara substansial. Cobalah untuk menemukan kabel terpendek yang akan memberi Anda kecepatan tertinggi, jika itu yang Anda butuhkan, jadi Anda tidak perlu membayar ekstra yang tidak akan Anda gunakan.

Periksa harga eceran opsi kabel ini yang menawarkan hasil yang baik dan harga yang sangat kompetitif.

Secara umum, Anda dapat menyambungkan kabel USB 3 atau 4, atau kabel Thunderbolt 3 atau 4, dari drive ke Mac atau hub hubyang menghubungkan peralatan Anda dan mencapai kecepatan data tertinggi tergantung pada jenis kabel dan jaraknya.

Satu-satunya situasi di mana Anda mungkin mengalami masalah adalah jika Anda mencampur dan mencocokkan kabel USB dan Thunderbolt dengan konfigurasi MacBook 12-inci yang dihentikan yang pertama kali muncul pada tahun 2015.

Itu adalah satu-satunya Mac yang memiliki pengontrol host USB 3.1 saja dan tidak ada Thunderbolt 3, jadi jika Anda menyambungkan kabel Thunderbolt 3 antara kabel itu dan perangkat Thunderbolt 3, tidak akan ada komunikasi.

Kabel USB 3-saja atau kabel USB 4 / Thunderbolt 4 yang lebih baru akan berfungsi sebagai gantinya.

Artikel asli diterbitkan di Macworld AS.